Beranda Tualang Bersama Ormas, Masyarakat Suku Nias di Siak Rayakan Hari Jadi HIMNI

Bersama Ormas, Masyarakat Suku Nias di Siak Rayakan Hari Jadi HIMNI

27
Print Friendly, PDF & Email

SIAK (Infosiak.com) – Keluarga besar organisasi kemasyarakatan Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) melaksanakan kegiatan hari jadinya ke 9 tahun, Minggu (10/10) di Sekretariat HIMNI Kabupaten Siak, Jalan Abuhurairoh, Perawang Barat, Siak, sekira pukul 14.30 WIB.

Ratusan undangan hadir bersama warga etnis Nias dari penjuru kabupaten Siak, disambut penerima tamu yakni kaum pemuda pemudi Nias, Josua Ekarist Gulo dan Adelita Daeli. Sedangkan acara dipandu oleh Siska Puteri Utami Hulu dan Beriaman Ndruru, dari Ikatan Mahasiswa Nias Riau (IMNR). Acara diawali dengan prosesi ibadah yang dipimpin oleh Pendeta Ariusman Zega, STh dari Gereja KGBI, dan pembawa liturgi oleh Siti Hartati Gulo.

Seusai ibadah selama dua puluh lima menit, acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dipandu oleh Fatizaro Zega, disusul dengan tarian persembahan, sekaligus ungkapan rasa hormat dalam penyambutan tamu. Tarian Sekapur Sirih dibawakan oleh lima orang puteri asal etnis suku Nias, yang diasuh oleh Sanggar Baluse binaan Siti Hartati.

Hadir pada acara tersebut yakni Ketua Forum Pembaruan Kebangsaan (DPK) Siak, H Sukijo SE diwakili oleh Sahri SPd, Ketua DPD HIMNI Riau sekaligus anggota DPRD Pelalawan dari Fraksi PDIP, Drs Sozifao Hia, MSi Panglimo DPW RMB – LHMR Siak, Nurmal Amril MM, Tokoh Masyarakat Faisal SHi, Perkumpulan Mahasiswa Nias Riau, Adv Ondroita Tafana’o SH, DPD Ikatan Pemuda Karya Siak diwakilkan oleh Asiong, Ketua PAC Pemuda Batak Bersatu Wasinton Manullang. Hadir juga dari DPC Persatuan Masyarakat Nias Barat Indonesia ( PMNBI) Kab Siak Amirudi Gulo, Ketua DPC Ono Ndruru Kabupaten Siak, Foarota Ndruru,STM – Marga, IKG  Sitihartati S.Pd,OMW,OMH,Marga Zega Ketua Anotona Zega, dan para Pendeta Denominasi Gereja Ono Niha,para penasehat HIMNI, pengurus HIMNI Siak. Acara juga dimeriahkan oleh artis dari Nias Wira Ziliwu.

Baca Juga:  Cuma Antar Makanan, H Bantah Berduaan di Kamar dan Akui Sangat Dekat Dengan Ortu P

Ketua DPC HIMNI Kabupaten Siak Sokhiaro Halawa dalam sambutannya menyampaikan, ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas terlaksananya kegiatan hari ulang tahun HIMNI ke 9 tahun. Dirinya juga memberikan apresiasi serta ucapan terima kasih atas dukungan serta partisipasi dari masyarakat Siak serta warga etnis Nias.

“Perayaan hari ulang tahun HIMNI Siak ke 9 ini, mari kita maknai sebagai ucapan syukur atas atas kokohnya persatuan dan kesatuan masyarakat Nias melalui wadah HIMNI di Siak,” kata Sokhiaro.

HIMNI kata Sokhiaro, adalah ormas yang berlandaskan Pancasila serta UUD 1945.

“Betapa waktu sudah tidak terasa, dari mulai detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, bahkan sampai pada tahun ini  dimana kita sudah melakukan tugas dan tujuan kita secara konstitusional sesuai dengan visi dan misi  organisasi kita bersama atas dasar Demokrasi Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 yang menjadi barometer kita sekalian dalam berorganisasi HIMNI yang kita cintai. Di hari ini Minggu tepat pada tanggal 10 Oktober 2021 adalah acara HUT yang ke 9, itu semua adalah proses, itu semua adalah perjalanan dan itu semua merupakan kerangka waktu yang kita sudah lalui bersama untuk negeri ini yang kita cintai ini,” ungkapnya.

Baca Juga:  Resmikan MTQ XVII Kampung Tualang, Alfedri : seperti tingkat kabupaten

Ketua HIMNI Siak juga memberikan apresiasi, kepada segenap pengurus yang bekerja keras telah membangun organisasi.

“Saya apresiasi dan kagumi para pengemban tugas, dengan sabar, loyal, kompak, bersama, bersatu meskipun dalam perjalanan ada sesuatu yang kadang membuat kita goyah, namun semua kita menyadari itu semua merupakan bagian dari perjuangan. Dan kepada para senior, pembina, penasehat kita sekalian yang kita hormati dengan sabarnya memberikan arahan, wejangan, petuah pada kita semua, untuk solid dalam menjalankan roda organisasi,” bebernya.

Kedepannya kata Sokhiaro, marilah singsingkan lengan, kepalkan tangan, dan bangkit untuk Indonesia, untuk tanah air, melalui sektor organisasi ini agar menjadi lebih baik, lebih bersahaja dan yang tak kalah pentingnya adalah semua itu adalah nilai ibadah.

“Saya selaku ketua menghimbau kepada pengurus agar lebih mantap dan lebih kooperatif kedepannya. Selamat Hari Ulang Tahun Organisasi kita yang ke 9 semoga semakin maju dan jaya,” pungkasnya.

Forum Pembaruan Kebangsaan Siak dalam sambutannya mengapresiasi langkah atau kemajuan organisasi HIMNI yang dipimpin oleh Sokhiaro. Pada kesempatan itu, FPK juga memberikan SK Bupati Siak Drs Alfedri MSi, kepada pengurus HIMNI sebagai salah satu pengurus.

“Di kabupaten Siak ada 25 ormas yang bergabung di FPK kabupaten Siak termasuk HIMNI. HIMNI selama ini memberikan cahaya tersendiri dimana gebrakan berbagai kegiatan baik sosial dan suka di kabupaten Siak maupun diluar kabupaten Siak, mecerminkan rasa kepedulian berorganisasi ini merupakan contoh buat kita organisasi lain yang selalu berbaur dengan siapapun,” ujar Sahri.

Baca Juga:  Sekcam Tualang Pimpin Apel Hari Jadi Siak ke-19 di Perawang

Ketua DPD HIMNI  Provinsi Riau Drs.Sozifao Hia,M.Si, dalam sambutannya menyampaikan arahan serta apresiasi kepada pengurus HIMNI atas kepedulian sosial terhadap sesama.

“Kepengurusan sekarang HIMNI Siak patut kita acungkan jempol, karena dimana suka dan duka dan di tengah – tengah masyarakat Nias yang ada di Kabupaten Siak rasa kepedulian dan kemanusiaan sangat luar biasa. Kekompakan serta kerjasama terlihat, serta semangatnya,” kata Sozifao Hia.

Menurutnya, HIMNI dibawah kepengurusan Sokhiaro Halawa,F Felixman Tefaoli Nduru,ST, Herman Pelani dan para penasehat ,serta pengurus DPC HIMNI telah berkiprah.

“Baru saja setahun  gebrakan HIMNI Siak membawa persatuan dan warna untuk Ono Niha yang ada di kabupaten Siak, dan begitu juga kepada suku – suku lain yang ada  provinsi Riau khususnya di kabupaten Siak, maju terus jangan pernah mundur selangkah demi kemajuan HIMNI yang kita cintai, kita dukung dalam doa serta memberikan Support demi untuk kemajuan organisasi kita nias yang ada di kabupaten Siak,” harapnya.

Selain itu sambutan juga disampaikan oleh Panglimo DPW RMB- LHMR Siak, DPD IPK dan PAC PBB Tualang. Acara juga diisi dengan pemotongan nasi tumpeng dan roti sebagai tanda hari jadi HIMNI ke 9 tahun.

Laporan : Jhon

loading...