Beranda ADV Siak Belum Ada Warga Siak Positif Covid-19, Bupati Alfedri tak Berlakukan PSBB

Belum Ada Warga Siak Positif Covid-19, Bupati Alfedri tak Berlakukan PSBB

250
Print Friendly, PDF & Email

SIAK (Infosiak.com) — Bupati Siak H Alfedri belum memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sebab masyarakat di daerah Kabupaten Siak belum ada yang positif Covid-19.

“Tadi telah berlangsung Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Gubernur, Forkopimda Provinsi dan seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Riau, terkait dengan kesiapan masing-masing kabupaten/kota untuk mengusulkan pembatasan sosial berskala besar,” kata Alfedri, Senin (13/04/2020).

Dijelaskan Alfedri, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 tahun 2020, sebagaimana Pekanbaru sudah ditetapkan sebagai PSBB oleh Menteri Kesehatan. Tetapi masing-masing daerah tentu situasi dan kondisinya berbeda.

Baca Juga:  Bupati Alfedri Terima Laporan Hasil Pemeriksaan Kinerja 2020 dari BPK RI

“PDP kita ada 10 yang dalam perawatan, 1 di Pekanbaru warga Perawang. 5 di RSUD Tengku Rafian, 3 sudah pulang karena sudah sembuh dan 1 meninggal,” ujarnya.

Sedangkan orang dalam pemantauan (ODP) berjumlah 1.785. Untuk PDP sebarannya belum ke seluruh kecamatan. Baru 5 kecamatan, yaitu Siak, Tualang, Kandis, Sungai Apit, dan Sabak Auh.

kpu'

“Sekarang baru 5 yang PDP dari yang 10 tadi, 9 kecamatan sampai sekarang belum ada PDP dan positif Covid-19. Jadi artinya kalau mengajukan PSBB tentu harus seperti daerah lain, di antaranya Kota Pekanbaru itu sudah banyak positif, apalagi Bogor dan Bekasi. Kita ini belum ada yang positif, mudah-mudahan tidak ada,” ujar Alfedri.

Baca Juga:  Berbeda dengan Daerah Lain, Bupati Alfedri tak Pasang Stiker di Rumah Penerima Bansos

“Tentu ini kepeduliannya dulu, baru nanti kesiapan anggaran, jejaring pengaman, aspek sosial, alat kesehatan, dan lain-lain,” imbuhnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, begitu juga di setiap kampung, pemerintah kabupaten sudah rapat dengan camat agar Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APBKAM) direvisi, terutama menyiapkan masker ke seluruh rumah tangga, termasuk hand sanitazer, pencuci tangan, dan lain-lain itu disiapkan oleh masing-masing kampung.

Baca Juga:  Asisten lll Jamaluddin Buka Pameran Kesempatan Kerja di Siak

“Begitu juga perusahaan, kita sudah surati melalui forum Corporate Social Responsibility (CSR) ada yang membantu alat pelindung diri (APD), ada yang sudah membantu sembako dan disinfektan,” ungkap Alfedri.

“Kami sudah minta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menyiapkan proposal pemetaan dan datanya. Dan itu juga untuk merevisi anggaran atau pembahasan anggaran,” pungkasnya.

Laporan: Atok
Editor: Afrijon

kpu'
loading...