Beranda ADV Siak Azmi Tersingkir, Indra Gunawan Naik Tahta Duduki Kursi Ketua DPRD Siak

Azmi Tersingkir, Indra Gunawan Naik Tahta Duduki Kursi Ketua DPRD Siak

271
Print Friendly, PDF & Email

SIAK (Infosiak.com) – Perseteruan dalam tubuh Partai Golkar Kabupaten Siak akhirnya mencapai klimaks dengan diberhentikannya Azmi sebagai Ketua DPRD Siak sekaligus anggota Fraksi Golkar. Azmi resmi digantikan oleh Indra Gunawan yang kini menjabat Ketua DPRD Siak hingga 2024 mendatang.

Pergantian ini ditandai dengan digelarnya rapat paripurna istimewa DPRD Siak, Senin (20/09/2021) kemarin, dengan agenda tunggal pemberhentian pimpinan dewan atas nama Azmi sebagai Ketua Dewan dan pengangkatan Indra Gunawan sebagai ketua yang baru sisa masa jabatan 2019-2024.

Sidang dimulai dengan pembacaan Surat Keputusan Gubernur Riau oleh Sekretaris Dewan DPRD Siak, Amrul, Senin. Isinya yakni memberhentikan Azmi dari Partai Golongan Karya sebagai pimpinan DPRD Siak, meresmikan pengangkatan pimpinan DPRD Siak atas nama Indra Gunawan dari Partai Golkar sebagai Ketua DPRD Siak sisa masa jabatan 2019 -2024 terhitung mulai tanggal sumpah dan janji.

Baca Juga:  342 Ribu Hektar Luasan Kebun Sawit, Menjadi Terget Usaha Pandai Besi di Siak

“Keputusan ini berlaku mulai pada tanggal ditetapkan di Pekanbaru 12 September 2021 oleh Gubernur Riau Syamsuar,” ucap Amrul.

Selanjutnya Wakil Ketua DPRD Siak, Fairus yang memimpin sidang ini menyampaikan dengan dikeluarkannya SK Gubernur Riau maka hari ini Senin 20 September saudara Azmi resmi berhenti sebagai Ketua DPRD Siak. Selanjutnya dilakukan prosesi pengangkatan pimpinan DPRD Siak atas nama Indra Gunawan sisa masa jabatan 2019-2024.

Baca Juga:  Pantau Aktivitas di Sejumlah Titik, Diskominfo Siak Pasang Kamera CCTV

Prosesi tersebut dilakukan dengan pembacaan sumpah jabatan yang dipandu Ketua Pengadilan Negeri Siak, Riza El Efrina. Indra Gunawan mengambil tempat untuk mengucapkan sumpah janji, sedangkan Azmi tidak terlihat berada di DPRD Siak.

Pergantian Ketua DPRD Siak ini diawali sidang Paripurna pengusulan pemberhentian dan pengangkatan pada Senin pekan lalu. Sementara prosesnya sendiri pada internal Partai Golongan Karya baik di tingkat dewan pimpinan tingkat II hingga pusat.

Baca Juga:  Pimpin Rapat Koordinasi Perdana, Ini Pesan Pjs Bupati Siak

Awal munculnya pergantian tersebut dapat dilihat sejak Gubernur Riau saat ini Syamsuar menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah I Golkar Riau. Kemudian pada DPD II Golkar Siak Indra Gunawan juga berhasil menjadi pucuk pimpinan pada musyawarah daerah.

Pada beberapa bulan lalu sempat terjadi kericuhan di Kantor DPD II Golkar Siak terkait usulan pergantian Ketua DPRD Siak ini. Sekelompok orang memprotes rencana tersebut, tapi akhirnya hari ini pergantian itu terwujud dengan Indra Gunawan sudah resmi menjadi Ketua DPRD Siak.

Laporan: Atok
Sumber: GRC

loading...