Beranda Sungai Apit Awal Tahun 2020 Seluas 15 Hektar Lahan di Siak Terbakar 

Awal Tahun 2020 Seluas 15 Hektar Lahan di Siak Terbakar 

207
Print Friendly, PDF & Email

SIAK (Infosiak.com) – Awal tahun 2020 belum genap sebulan, namun kasus Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) sudah meluas di Kabupaten Siak Provinsi Riau.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Siak mencatat, sejak awal Januari 2020, sudah 15 hektar lahan di Siak terbakar.

“Terakhir terjadi kebakaran lahan dua hari lalu seluas 4 hektar di Kampung Tumang, Kecamatan Siak dan Kampung Teluk Mesjid Kecamatan Sungai Apit labih kurang seluas 3 hektar,” kata Kepala Bidang Damkar BPBD Siak, Irwan Pryatna kepada wartawan, Minggu (19/1/2020).

Baca Juga:  Kapal Bawa Sembako Karam di Perairan Sungai Siak
kpu'

Semua yang terbakar merupakan lahan masyarakat. Kondisinya rata-rata lahan gambut.

Hingga kini, kata Irwan, dua lokasi yang terbakar tadi masih dilakukan pendinginan oleh timnya dibantu TNI/Polri dan Manggala Agni.

“Daerah yang rawan terbakar selama ini memang di dua kampung itu. Lalu ada juga di Kecamatan Dayun dan Kandis. Dari 15 hektar lahan yang terbakar itu, yang paling luas terjadi di empat daerah tadi, sisanya di Minas dan Sungai Mandau,” rincinya.

Baca Juga:  Kasus Korupsi, Direktur BUMKam Kampung Teluk Mesjid Ditahan Kejari Siak

Kapolres Siak AKBP Doddy F Sanjata tak menampik data yang disodorkan BPBD Siak tadi. Dia pun mengaku, Karhutla merupakan ancaman yang serius. “Soal tersangka, masih dalam proses penyelidikan,” katanya.

Sumber : Gatra
Editor : Afrijon

kpu'
loading...