Beranda SPORT Atlet SOIna Siak Siap Berlaga di Porda VI Riau, Sujarwo SM: Moga...

Atlet SOIna Siak Siap Berlaga di Porda VI Riau, Sujarwo SM: Moga Mampu Ukir Prestasi

46
Print Friendly, PDF & Email

SIAK (Infosiak.com) – Sebanyak 21 peserta/atlet Special Olympics Indonesia (SOIna) asal Kabupaten Siak siap berlaga di ajang Pekan Olahraga Daerah (Porda) VI Riau tahun 2021 yang akan digelar di Kota Pekanbaru pada tanggal 8 – 9 Oktober 2021 mendatang.

Keberangkatan para atlet dan official SOIna Kabupaten Siak tersebut, dilepas langsung oleh ketua SOIna Kabupatan Siak Sujarwo SM, Kamis (07/10/2021) siang.

“Sebagai ketua SOIna Kabupaten Siak, tentunya saya sangat berharap semoga para atlet yang ikut pada Porda VI SOINA tahun 2021 ini bisa mengharumkan nama Kabupaten Siak dengan mengukir prestasi,” ujar Sujarwo, kepada Infosiak.com, usai melepas keberangkatan para atlet.

Baca Juga:  Sore ini Laga PS Siak Kontra PSBL Langsa di Stadion Sultan Ismail Siak Sri Indrapura

Selain itu, Sujarwo juga berpesan kepada para atlet agar mereka semua bisa menjaga stamina (kesehatan, red), sehingga dalam bertanding nantinya kondisi tubuh tetap dalam keadaan fit dan stabil.

Sujarwo juga menjelaskan, SOina adalah wadah organisasi olahraga bagi kaum disabilitas intelektual yang berafiliasi Special Olympic International (SOI) yang berbasis di Washington, USA. Special Olympics merupakan gerakan global yang didirikan oleh Eunice Kennedy Shriver. Indonesia merupakan anggota ke-79, yang tergabung sejak 9 Agustus 1989 silam.

Baca Juga:  Tahun Ini Pemkab Siak Ansuransikan Peserta dan Panitia Internasional Serindit Boat

Dalam wadah ini kegiatan olahraga dilakukan secara berjenjang dan terus menerus. Lewat kompetisi mereka berusaha memajukan diri dan terbukti telah membawa nama Indonesia di dunia Internasional.

Penyandang Disabilitas Intelektual adalah mereka yang terganggunya fungsi pikir karena tingkat kecerdasan dibawah rata-rata, antara lain lambat belajar, disabilitas grahita dan down syndrome. Hal itu secara jelas tertuang dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016, tentang Penyandang Disabilitas.

Baca Juga:  Raih Sejumlah Prestasi, Hantarkan Atlet asal Siak ini Menjadi Seorang ASN

“Terkait SOIna ini, pada beberapa waktu lalu Menteri Juliari mengatakan bahwa bagi pihaknya tidak membedakan kesempatan kepada mereka yang difabel maupun tidak. Kementerian Sosial akan memberikan dukungan penuh mengingat SOina telah melakukan banyak hal bagi  kemajuan kaum difabel intelektual,” tutup Sujarwo.

Laporan: Atok
Editor: Redaksi

loading...