Beranda Tualang Apel Siaga Karhutla, Kapolsek Tualang Minta Warga Tidak Buka Lahan Dengan Cara...

Apel Siaga Karhutla, Kapolsek Tualang Minta Warga Tidak Buka Lahan Dengan Cara Dibakar

128
Print Friendly, PDF & Email

PERAWANG (Infosiak.com) – Kapolsek Tualang Kompol M Faizal Ramzani SH SIK MH menyampaikan kepada masyarakat, agar ketika membuka lahan kosong bukan dengan cara membakar. Hal itu tentunya akan merusak lingkungan hidup.

“Kita berharap masyarakat lebih teredukasi, agar setiap membuka lahan jangan dengan cara membakarnya. Ada hal yang harus kita jaga secara bersama, kelestarian lingkungan dan alam atau keseimbangan alam. Kita khawatirkan akan terjadi bencana alam bilamana oknum masyarakat ada yang melakukannya. Pelanggaran hukum yang cukup berat bilamana ditemukan pelanggaran atas hal ini,” kata Kompol M Faizal Ramzani saat mengikuti apel kesiapsiagaan Karhutla Se Kecamatan Tualang, Selasa (9/2/2021) pagi di areal Kantor UPTD Pendidikan Kecamatan Tualang.

Baca Juga:  Oliana, Salah Satu Pekerja Perawang yang Diangkut Pakai Truk Meninggal Dunia 

Lanjut Kapolsek Tualang, pihaknya bersama TNI serta unsur-unsur terkait seperti Pihak Kecamatan Tualang, Regu Pemadam kebakaran atau RPK Perusahaan dan MPA Se Kecamatan Tualang, Damkar dan BPBD, akan turun kelapangan guna melakukan sosialisasi serta penanganan lebih lanjut bilamana ditemukan pembakaran lahan atau hutan.

“Pada pelaksanaan kesiapsiagaan Karhutla di Kecamatan Tualang, bertujuan untuk mempersiapkan segala sarana dan prasarana dalam antisipasi Karhutla yang terjadi di wilayah Kecamatan Tualang,” kata Camat Tualang saat dikonfirmasi dilokasi.

Baca Juga:  Aksi WH Pelaku Curanmor Berakhir di Tangan Unit Polsek Tualang

“Disamping itu kita juga lakukan pemeriksaan peralatan oleh Upika Kecamatan antara lain Mobil Damkar baik dari Kecamatan maupun dari perusahaan, pompa air pemadam, mesin, selang dalam perlengkapan pemadam kebakaran untuk antisipasi Karhutla,” sambungnya.

Kapolsek Tualang menambahkan, bahwa Karhutla merupakan tanggung jawab kita bersama dan tidak henti-hentinya TNI POLRI melakukan himbauan kepada masyarakat agar tidak membakar lahan apalagi disaat kemarau yang rentan dengan kebakaran.

Baca Juga:  Dengan Strategi PUG, Pemkab Siak Akan Wujudkan Kesetaraan Gender

“Mari kita jaga hutan dan lahan, ini penting untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dan semua pihak untuk mencegah Karhutla. Diharapkan yang mempunyai lahan semua patuh dan mentaati peraturan dan perundang- undangan yang ada. Terlebih pada masa Pandemi Covid-19 saat ini, kita jangan timbulkan masalah baru lagi dengan tindakan kita yang melanggar hukum,” pungkas Kompol M Faizal.

Sumber : Rilis
Editor : Redaksi

loading...