Beranda Sungai Mandau Apel Siaga Karhutla, Camat Sungai Mandau dan Kapolsek Ajak Masyarakat Waspada

Apel Siaga Karhutla, Camat Sungai Mandau dan Kapolsek Ajak Masyarakat Waspada

17
Print Friendly, PDF & Email

SUNGAI MANDAU (Infosiak.com) – Dalam rangka mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kecamatan Sungai Mandau, Camat Sungai Mandau Yudha Rajasa SSTP menggelar Apel Gabungan Siaga Karhutla bersama Kapolsek Sungai Mandau.

Yudha mengatakan berdasarkan data tahun 2021 hingga saat ini kecamatan Sungai Mandau masih nihil titik api.

“Sungai Mandau masih nihil hotspot. Masing masing perusahaan terus mengantisipasi setiap orang yang masuk ke wilayahnya baik itu aktivitas memancing maupun aktivitas lainnya,” kata Camat Sungai Mandau Yudha Rajasa, Selasa (17/3/2021).

Baca Juga:  Status Darurat Pencemaran Udara Karhutla Resmi Dicabut Pemprov Riau

Yudha mengajak masyarakat agar semua dapat mencegah terjadinya karhutla dengan tidak membuka lahan dengan cara dibakar, tidak membakar sampah sembarangan, dan saling bahu-membahu melakukan pemadaman jika bencana karhutla terjadi.

kpu'

Perusahaan yang beroperasi di wilayah Sungai Mandau pun sudah memiliki kanal blocking. “Sesuai intruksi Presiden, perusahaan wajib membuat kanal blocking, untuk mencegah meluasnya kebakaran lahan terutama lahan gambut,” tambah Yudha lagi.

Baca Juga:  Kampung Muara Kelantan Siak Resmi Jadi Kampung Inklusi Keuangan

Sementara itu Kapolsek Sungai Mandau Iptu Siswoyo juga menghimbau kepada masyarakat untuk bersama sama menjaga wilayah dari kebakaran hutan dan lahan dengan cara tidak mengolah atau membuka lahan dengan cara membakar, serta bagi yang memancing di areal sungai dan kanal tidak merokok apalagi membuang puntung rokok sembarangan karena saat ini sudah mulai memasuki musim kemarau.

“Pelaku Kebakaran Hutan atau Lahan akan dikenakan Sanksi Hukum yang berat, dan akan diproses berdasarkan ketentuan Perundang-undangan yang berlaku,” jelas Kapolsek Sungai Mandau.

Baca Juga:  PM Mahathir Bingung, Jokowi Tolak Bantuan Malaysia untuk Atasi Kebakaran Hutan

Apabila menemukan atau melihat terjadinya Karhutla dapat segera melaporkan kepada pihak kepolisian atau pemerintah kampung dan Bhabinkamtibmas, karena kecepatan kita menangani karhutla menentukan tingkat keberhasilan dalam memadamkannya,” pungkas Kapolsek.

Hadir dalam Apel Siaga Karhutla Kapolsek Sungai Mandau, Danramil/diwakili, Penghulu, pimpinan perusahaan, RPK dan MPA.

Laporan : Jhon
Editor : Redaksi

kpu'
loading...