Beranda DAERAH APBD Inhu 2017 Turun 9,01 Persen, Bupati Minta Jajaran Fokus Gali Potensi...

APBD Inhu 2017 Turun 9,01 Persen, Bupati Minta Jajaran Fokus Gali Potensi PAD

86
BAGIKAN
tour_de'
Print Friendly, PDF & Email
RENGAT (Publik)-Bupati Inragiri Hulu Provinsi Riau, H Yopi Arianto menegaskan agar kedepan seluruh jajaran Pemkab Inhu harus mengoptimalkan strategi arah kebijakan pendapatan daerah dengan difokuskan pada upaya untuk meningkatkan sumber-sumber pendapatan selain dari dana bagi hasil Migas.
Hal ini diungkapkannya Selasa (3/1/17) menindaklanjuti penyampaian Nota Keuangan RAPBD Inhu 2017 yang mengalami penurunan signifikan mencapai Rp300 milyar (9,01 persen) jika dibanding tahun 2016.
Yopi Arianto menyampaikan nota keuangan RAPBD Inhu 2017 dalam sidang paripurna DPRD Inhu Jumat (30/12/16). Ia menegaskan bahwa arah kebijakan belanja daerah tahun 2017 akan difokuskan pada upaya pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat dan kualitas pelayanan kepada masyarakat.
Pasalnya, RAPBD Inhu tahun 2017 yang disampaikannya berkisar lebih kurang Rp1,4 triliun dan mengalami penurunan sekitar 9,01 persen jika dibandingkan APBD Inhu tahun 2016 sebesar Rp1,7 milyar lebih. Meski demikian, Pendapatan Asli Daerah (PAD) mengalami kenaikan sebesar 2,43 persen dari tahun 2015.
“Belanja daerah akan diprioritaskan untuk mendanai urusan pemerintahan wajib, terkait pelayanan dasar yang ditetapkan dengan standar pelayanan minimal serta berpedoman pada standar teknis dan harga satuan regional,” jelasnya.
Sementara itu, terkait arah kebijakan pembangunan Kabupaten Inhu tahun 2017, Yopi menjelaskan bahwa Pemkab Inhu masih fokus pada upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia, kesejahtaeraan masyarakat, pengembangan seni dan budaya, olahraga, kepemudaan, pembangunan ekonomi berdaya saing, penguatan pembangunan jaringan infrastruktur dan peningkatan sarana dan prasana serta pemantapan aparatur dan birokrasi pemerintahan.
“Hal tersebut sejalan dengan kebijakan pembangunan Nasional dan Propinsi,” tegas Bupati.
Ia mengharapkan, pembahasan dan penyempurnaan RAPBD Inhu tahun 2017 dapat digesa DPRD Inhu. Hal ini untuk mengantisipasi keterlembatan waktu penetapan RAPBD tahun 2017.
“Kita harap setelah diajukan ini, dapat segera dibahas untuk menghindari keterlambatan pengesahan. Karena akan sangat mempengaruhi program-program pembangunan yang sudah direncanakan,” tutup Bupati Yopi.(eko)
loading...
Baca Juga:  Disnakkanla Siak Salurkan Berbagai Bantuan Ternak
tour_de'
BAGIKAN