Beranda Mempura Akhirnya, Warga Benhul Siak Temukan Sapi Qurban yang Kabur Saat Akan Disembelih

Akhirnya, Warga Benhul Siak Temukan Sapi Qurban yang Kabur Saat Akan Disembelih

128
BAGIKAN
Print Friendly, PDF & Email

SIAK (Infosiak.com) – Warga Kampung Jawa Benteng Hulu Kecamatan Mempura Kabupaten Siak Riau, terpaksa melakukan perburuan ke sejumlah lokasi perkebunan pasca kaburnya seekor Sapi yang akan dijadikan hewan qurban pada Idul Adha 1441 H. Sapi qurban yang kabur ke perkebunan tersebut akhirnya berhasil ditemukan oleh warga setempat pada Ahad (02/08/2020) siang.

“Iya, Sapi qurban itu kabur karena tali pengikatnya lepas pada hari Jum’at kemarin. Alhamdulillah setelah kami lakukan pencarian/perburuan selama Tiga hari, akhirnya Sapi itu berhasil kami temukan siang tadi dan langsung kami sembelih sebagai hewan qurban,” ujar Yoga, salah seorang warga Kampung Jawa Benteng Hulu, kepada Infosiak.com.

Baca Juga:  Pemkab - Forkopimda Upacara Virtual HUT Bhayangkara Ke-74

Sesuai tuntunan syari’at agama Islam, pelaksanaan penyembelihan hewan qurban Idul Adha boleh dilakukan oleh umat Muslim selama masih belum berakhirnya hari tasyriq, yakni sejak tanggal 10 hingga 13 Zulhijjah (tahun hijriyah, red). Hal itu sesuai dengan hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Muslim.

kpu'

“Dari Jundub putera Shufyan, ia berkata: “Aku menyaksikan Hari Raya Idul Adha bersama Rasulullah SAW. Sesudah beliau selesai sholat Idul Adha, lalu Rasulullah mengambil seekor kambing dan menyembelihnya. Kemudian Rasulullah berkata, “Barangsiapa yang menyembelih qurban sebelum shalat Idul Adha, maka sembelihlah Satu ekor lagi sebagai penggantinya (sesudah shalat Idul adha). Dan barangsiapa yang belum sempat (belum kuasa, red) menyembelih qurban di hari ini (10 Zulhijjah selepas shalat Idul Adha, red), maka sembelihlah di hari besok (hari tasyriq) dengan membaca Bismillah”. (HR. Bukhori dan Muslim) dalam kitab Bulughul Marom.

Baca Juga:  Vicon dengan Kasatgaswil V KPK, Pj Sekda Paparkan Anggaran Penanganan Covid-19

Dalam hadits lain juga disebutkan bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:
“Seluruh hari-hari tasyriq (11 hingga 13 Zulhijjah) adalah hari penyembelihan qurban”. (HR. Ahmad dan Addaraquthni).

Terkait fadhilah dan keutamaan menyembelih hewan qurban di hari raya Idul Adha, beberapa hadits menyebutkan bahwasanya amalan yang paling dicintai oleh Allah SWT di hari Idul Adha adalah menyembelih qurban. Sebagaimana hadits dari Aisyah RA, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:

Baca Juga:  Tingkatkan Kompetensi, Disdikbud Sijunjung Study ke SMPN 1 Mempura Siak

“Tidak ada suatu amalan yang dikerjakan anak Adam (manusia) pada hari raya Idul Adha yang lebih dicintai oleh Allah dari menyembelih hewan qurban. Karena hewan itu akan datang pada hari qiamat dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya, dan kuku-kuku kakinya. Darah hewan itu akan sampai di sisi Allah sebelum menetes ke tanah. Karenanya, lapangkanlah jiwamu untuk melakukannya”. (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Wallahu A’lamu Bish Showab.

Laporan: Atok
Editor: Afrijon

loading...
tour_de'
BAGIKAN