Beranda Tualang Tualang Tertinggi di Riau Covid 19, Pekerja Pabrik PT Indah Kiat Tidak...

Tualang Tertinggi di Riau Covid 19, Pekerja Pabrik PT Indah Kiat Tidak Jaga Jarak

440
BAGIKAN
kpu'
Print Friendly, PDF & Email

PERAWANG (Infosiak.com) – Sejak pekerja sub-kontraktor PT Indah Kiat Perawang terpapar Covid 19, angka positif virus mematikan itu semakin meningkat di kota Industri Perawang Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak. Bahkan Kecamatan Tualang berada pada peringkat pertama positif Virus Corona di Provinsi Riau.

Data Dinas Kesehatan Provinsi Riau pada Jum’at (18/9/2020), menunjukkan jumlah kasus positif Covid-19 di Kecamatan Tualang Kabupaten Siak sebanyak 504 kasus. Angka tersebut melebihi jumlah kasus Covid-19 di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru dengan 368 kasus.

“Awalnya emang iya kluster perusahaan (PT IKPP, red) terbanyak, namun saat ini sudah menyebar,” jelas Wakil Sekretariat Satgas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Siak Budhi Yuwono saat dikonfirmasi awak media melalui telepon seluler, Kamis (15/10/2020.

Baca Juga:  Belajar Buat Alat Tangkap Ikan, Penghulu Tualang dan Nelayan Sulap Drum Bekas Jadi Perahu

Pantauan awak media di pintu masuk perusahaan beberapa pekerja di pabrik PT Indah Kiat Perawang terlihat tidak mematuhi protokol kesehatan Covid 19. Pekerja tertangkap kamera tidak jaga jarak, bahkan berdesak-desakkan di atas kendaraan jenis truk yang semestinya digunakan untuk mengangkut barang. Tentu dengan hal ini resiko pekerja tertular Virus Corona sangat tinggi.

kpu'

Petugas keamanan di pintu masuk pun terlihat tidak menegur sopir truk yang mengangkut pekerja yang berdesak-desakkan di atas kendaraannya. Apakah menajemen PT Indah Kiat Perawang melakukan pembiaran terhadap pekerja sub-kon yang tidak mematuhi protokol kesehatan Covid 19? Jika tidak seperti apa aturan yang dibuat perusahaan mengenai jarak antar pekerja?

Baca Juga:  Gelar Hearing, DPRD Siak Pertanyakan Dana Covid Rp254 M yang Dikantongi Pemkab

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kecamatan Tualang pun sudah berkali-kali mengingatkan perusahaan agar menertibkan pekerja yang berdesak-desakkan di atas kendaraan. Bahkan sudah dilakukan rapat bersama. “Sudah berkali-kali dibilang kemarin itu, agar dijaga jarak, tapi memang payah itu,” kata Camat Tualang Zalik Effendi Ssos, Kamis (15/10/2020.

Sementara itu, Humas PT Indah Kiat Perawang Armadi SE mengaku sudah melakukan sosialisasi dan intruksi kepada subkontraktor perusahaan.

“Kita sudah sampaikan, diingatkan, sudah dipanggil dan disosialisasikan juga,” jelas Armadi, Kamis (15/10/2020.

Baca Juga:  Meski Shalat Berjama'ah Ditiadakan, Camat Siak Imbau Azan Tetap Kumandang di Masjid dan Musholla

Ketika awak media bertanya peran Security PT IKPP Perawang di pintu gerbang agar mengingatkan pekerja untuk jaga jarak. Armadi malah mengatakan bahwa sudah disampaikan, malah tim dari perhubungan turun juga

“Rapat kali ya, sama kayak di pasar la ya kayak di rumah makan, kayak mobil mobil di pekanbaru itu ya, kayak orang orang pesta itu la ya. Kalau truk itu kita intruksikan 50 persen pekerja. Kita sudah sampaikan, sudah diingatkan, sudah disosialisasikan juga, sepengetahuan sudahlah,” jelas dia.

Laporan : Jhon
Editor : Afrijon

kpu' kpu'
tour_de'
BAGIKAN