Beranda ADV Siak Resmikan Masjid Al Kautsar, Bupati Alfedri: Fungsikan Untuk Edukasi Penerapan Prokes Covid-19

Resmikan Masjid Al Kautsar, Bupati Alfedri: Fungsikan Untuk Edukasi Penerapan Prokes Covid-19

58
Print Friendly, PDF & Email

SIAK (Infosiak.com) – Didampingi sejumlah pejabat Pemkab Siak, Bupati Siak H Alfedri M.Si meresmikan Masjid Al Kautsar Kelurahan Kampung Rempak Kecamatan Siak, Jum’at (14/08/2020) malam.

“Membangun Masjid bukanlah semata-mata kegiatan pembangunan tempat ibadah,lebih dari itu hakikat membangun Masjid adalah membangun umat (jama’ah) dan membina basis dakwah yang bermuara pada peningkatan kualitas iman kita,” kata Alfedri.

Bupati Alfedri lantas mengatakan, untuk mengoptimalkan fungsi dan peran Masjid sebagai pusat pembinaan umat, tidak mungkin dapat dikelola oleh satu ataupun sekelompok orang, melainkan dengan melibatkan semua komponen umat Islam yang berada di sekitarnya agar Masjid itu menjadi makmur.

Baca Juga:  Pemda Siak Terima Bantuan Sembako dan APD dari PT TGI

“Sesuai dengan nama Al-Kautsar yang berarti memberi nikmat berlimpah kepada umat manusia, saya berharap Masjid Al-Kautsar ini dioptimalkan fungsi dan perannya, yaitu sebagai pusat pembinaan umat dan basis dakwah. Hal ini tidak dapat dikelola satu ataupun sekelompok umat saja, melainkan seluruh umat Islam sekitar,” jelasnya.

Baca Juga:  Program Beasiswa 2020 di Siak Ada yang Belum Tersalurkan, Ini Kata Disdikbud

Alfedri lantas menjabarkan, terdapat tiga pendekatan yang dapat dikembangkan dalam mengoptimalkan fungsi Masjid.

“Ada tiga pendekatan dalam mengoptimalkan fungsi Masjid ini, pertama Masjid kita ini harus dijadikan sebagai lembaga yang mandiri, independen, berwibawa, dan mempunyai daya tarik tersendiri bagi jama’ahnya untuk selalu memakmurkan Masjid Al-Kautsar ini”, katanya.

Hal kedua menurut Alfedri Masjid harus dijadikan sebagai pusat pembinaan umat,yang seyogyanya sebagai pengayom dan tempat berlindung jama’ah dari berbagai persoalan kehidupan, dengan komitmen menempatkan kepentingan umat diatas kepentingan individu, kelompok, dan kekuasaan dengan di landasi semangat persaudaraan.

Baca Juga:  Warga Siak Temukan Jejak Tiga Ekor Harimau Masuki Wilayah Perkebunan

Hal terakhir menurutnya ialah, pengembangan fungsi Masjid yang dapat mengakomodir jama’ah untuk mendapatkan ilmu agama dalam menghadapi kehidupan sehari-hari.

Menjelang akhir sambutannya, Bupati Alfedri menyampaikan harapannya agar Masjid Al-Kautsar yang baru diresmikannya itu difungsikan sebagai tempat edukasi penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 kepada masyarakat sekitar.

Sumber: Rilis Humas
Editor: Afrijon

loading...