Beranda ADV Siak Program BSPS dan Sanitasi di Siak Mulai Direalisasikan ke Masyarakat

Program BSPS dan Sanitasi di Siak Mulai Direalisasikan ke Masyarakat

32
BAGIKAN
kpu'
Print Friendly, PDF & Email

SIAK (Infosiak.com) – Pada beberapa bulan yang lalu, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Siak melalui Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Pemukiman (PU Tarukim) mulai merealisasikan penyaluran Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dan sanitasi penampungan limbah kepada masyarakat yang tersebar di sejumlah kampung dan kecamatan.

Terkait hal itu, Kepala Dinas PU Tarukim Siak H Irving Kahar Arifin melalui Kepala Seksi (Kasi) Perencanaan Bidang Perkim Dinas PU Tarukim Siak Hendra Yunizar menuturkan, hingga saat ini proses pembangunan sanitasi dan BSPS di wilayah Kabupaten Siak sudah mencapai sekitar 50 persen.

“Alhamdulillah, hingga memasuki bulan Oktober 2020 ini, proses dan tahapan pengerjaan sanitasi limbah di Kabupaten Siak sudah mencapai sekitar 50 persen. Adapun untuk program sanitasi ini ada juga yang dari APBN melalui program Sanimas yang terdapat di Kecamatan Tualang, yakni di Kampung Tualang dan Kelurahan Perawang yang saat ini progressnya sudah mencapai 75 persen,” papar Hendra, Rabu (14/10/2020) siang, kepada Infosiak.com.

Baca Juga:  Alfedri Serahkan SK Pengangkatan PNS Formasi Umum 2018 dan STTD Dilingkungan Pemkab Siak
kpu'

Dijelaskannya juga, program bantuan pembangunan sanitasi limbah yang diperuntukkan kepada masyarakat ekonomi menengah ke bawah tersebut, pada tahun 2020 ini direalisasikan sebanyak 727 unit untuk di 12 kampung yang tersebar di beberapa kecamatan.

Sementara itu, untuk program BSPS atau yang lebih dikenal dengan istilah bantuan rehab rumah Atap Lantai dan Dinding (Aladin), Hendra menyebutkan bahwasanya tahun ini direalisasikan sebanyak 504 unit.

Baca Juga:  Warga Koto Gasib Siak Terindikasi Positif Covid-19, Budi Yuwono: Berinisial SR

“Untuk program BSPS, tahun ini tercatat sebanyak 504 unit yang dibangun. Dimana 98 unit bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), dan 406 unit bersumber dari dana APBN Pusat. Selain itu, di tahun 2020 ini kita juga sudah membangun semenisasi jalan pemukiman masyarakat dengan total panjang 2,6 kilo meter, sedangkan pembangunan drainase sepanjang 4,7 kilo meter,” imbuh Hendra.

Lebih lanjut Hendra mengatakan, selain merealisasikan program bantuan sanitasi limbah dan BSPS, di tahun 2020 ini juga akan ada bantuan pembangunan Rumah Layak Huni (RLH) yang bersumber dari dana APBD Riau. Namun sejauh ini pihaknya belum bisa memastikan kapan program RLH tersebut akan digulirkan.

Baca Juga:  330 KK Penerima BanKeu Tidak Perhatikan Protokoler Kesehatan

“Kami juga sudah mengajukan usulan untuk program RLH di Kabupaten Siak. Berdasarkan informasi yang kami terima saat ini, akan ada 17 unit RLH yang rencananya akan dibangun di Kabupaten Siak, tapi kami belum tau pasti kapan RLH tersebut akan mulai disalurkan,” tutup Hendra.

Laporan: Atok
Editor: Afrijon

kpu' kpu'
tour_de'
BAGIKAN