Beranda Lingkungan Kunjungi Lokasi Banjir, Bupati Syamsuar: Gotong-royong jangan sampai hilang

Kunjungi Lokasi Banjir, Bupati Syamsuar: Gotong-royong jangan sampai hilang

100
Print Friendly, PDF & Email

SIAK (Infosiak.com) – Bupati Siak Drs. H Syamsuar mengunjungi lokasi banjir di Kampung Langkai, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak, Riau Kamis, (6/12/2018) Siang. Dalam kunjungan tersebut, orang nomor satu di Riau itu berpesan kepada seluruh lapisan masyarakat agar ikut andil dalam menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

Pantauan di lapangan, genangan banjir di langkai sekitar setinggi lutut orang dewasa. Kedatangan Syamsuar itu membuat jalan lintas Siak-Pakning mendadak macet.Tampak juga puluhan masyarakat yang datang untuk menyaksikan kedatangan Bupati Siak lebih dekat. Untuk mengurai kemacetan, tampak petugas dengan mamakai kaos bertuliskan Banser berupaya menguraikan kemacetan tersebut hingga lancar kembali.

Baca Juga:  Kedalaman Banjir di Pekanbaru di Sejumlah Titik Sepaha Orang Dewasa

Dengan memakai kaos kerah, Syamsuar yang didampingi Kadis PU Tarukim Siak Irving Kahar dan Camat Siak Aditya C Smara, menyaksikan upaya penguraian genangan air di salah satu Box Culver yang dipenuhi sampah.

“Macam inilah, sampah menumpuk depan rumah tak mau bersihkan, manja betul masyarakat nih,” lontar Syamsuar.

Syamsuar berpesan kepada seluruh masyarakat, agar gotong-royong tidak dihilangkan. Ia juga berharap, peran aktif Camat dalam menampung aspirasi masyarakatnya.

“Gotong-royong jangan sampai hilang, saya tekankan kepada seluruh Camat yang ada agar berperan aktif untuk menampung aspirasi masyarakatnya,” pesan Syamsuar di depan Camat Siak dan Penghulu Kampung Langkai.

Baca Juga:  Melihat Kesiapan APP Sinarmas Pencegahan Karhutla di Riau Jelang Kemarau

Sementara itu Kepala Dinas Pengairan Umum Tataruang Perumahan dan Pemukimana (PU Tarukim) Kabupaten Siak menjelaskan, saat ini sudah ada lima titik yang sedang dalam pengerjaan normalisasi irigasi.

“Kita sudah menerjunkan lima Excavator di lima tempat yaitu di Mempura, Islamic Center, Rawang Air Putih, Langkai dan di Kolam Hijau Buantan Besar untuk menguraikan genangan air. Sehingga, air itu tidak terlalu lama tergenang,” kata Irving kapada sejumlah awak media.

Baca Juga:  Banjir Kerap Landa Perawang, Ketua KNPI Minta Sungai Perawang Dinormalisasi Hulu Hingga Hilir

Irving juga menegaskan apa yang disampaikan Bupati Siak, agar pihak kecamatan pro aktif dalam melakukan pengajuan proposal normalisasi di wilayahnya.

“Kita tidak mau ketika sudah banjir seprti ini camat baru sibuk. Karena ada jatah sekitar 201 Km untuk kegiatan normalisasi setiap tahunnya. Tinggal hitunga ajalah di bagi 14 Kecamatan yang ada, makanya proposal tuh harus diserahkan ke kita jauh hari sebelumnya,” tegasnya.

Laporan : Koko
Editor : Afrijon

loading...