Beranda Siak Jadi Pembicara Pada Diskusi Virtual, Royani : Semua Punyak Hak Melapor

Jadi Pembicara Pada Diskusi Virtual, Royani : Semua Punyak Hak Melapor

23
kpu'
Print Friendly, PDF & Email

SIAK (Infosiak.com) – Ketua Bawaslu Siak Moh. Royani dan Komisioner KPU Siak Berlian Litaqwa menjadi narasumber pada diskusi virtual yang digelar Lingkar Peduli Pemilu dan Demokrasi (LP2D) Siak, Sabtu (3/10/2020). Dalam forum virtual yang berlangsung selama 3 jam itu, banyak peserta yang menanyakan kemana arah pengaduan untuk pelanggaran yang ditemukan selama masa kampanye.

“Kampanye sudah satu Minggu berlangsung, kami perhatikan, setiap pertemuan peserta lebih dari 50 orang, sementara dalam protokoler Covid pertemuan tidak boleh lebih 50 orang. Melihat kondisi seperti ini, ke mana kami harus melaporkan. Dan tindakan Bawaslu seperti apa?,” Kata Feri, mahasiswa asal Kecamatan Mempura.

Baca Juga:  Megah dan Indah, Biaya Stand Bazar Pemkab Siak Capai Ratusan Juta
kpu'

Selain itu, mahasiswa asal Sabak Auh menanyakan bagaimana prosedur melaporkan atas temuan masyarakat terhadap dugaan pelanggaran kampanye. “Siapa saja yang boleh melaporkan,” tanya mahasiswa itu.

Menanggapi pertanyaan itu, Ketua Bawaslu Siak Moh. Royani menyampaikan, seluruh warga Indonesia berhak menyampaikan laporan.

Baca Juga:  Cegah Anarkisme, Sekda Kabupaten Siak Pimpin Deklarasi Cinta Damai

“Seluruh masyarakat Indonesia berhak menyampaikan laporan, ke mana laporan disampaikan, bisa mulai dari Bawah, petugas kamibyang ada di Desa atau Kampung, bisa ke Panwascam, atau langsung ke kami Bawaslu Siak,” terang Royani.

Terkait temuan masyarakat atas dugaan pelanggaran protokoler Covid itu, kata Royani, Bawaslu akan memanggil tim dari masing-masing pasangan calon. “Kita sampaikan ke tim pasangan calon, jika ke depan juga tidak diperbaiki, kami akan minta pihak kepolisian untuk menindak. Tidak perlu khawatir, setiap kegiatan kampanye Bawaslu dan pihak kepolisian ikut turun ke lapangan,” kata Royani.

Baca Juga:  Ahmad Rizal SH: Jika Tidak Ada Halangan, Pekan Depan Surat Suara Tiba di Siak

Sesuai standar protokoler Covid, jumlah peserta memang dibatasi, selain itu, peserta baik itu konstituen dan tim sukses wajib menggunakan masker, di lokasi harus tersedia wastafel atau tempat cuci tangan dan sabun.

Laporan : Salam
Editor : Afrijon

kpu' kpu'
tour_de'