Beranda HUKRIM Dihadiahi Timah Panas, Dua Pelaku Curas Diringkus Satreskrim Polres Siak

Dihadiahi Timah Panas, Dua Pelaku Curas Diringkus Satreskrim Polres Siak

222
kpu'
Print Friendly, PDF & Email

SIAK (Infosiak.com) – Usai melakukan penangkapan terhadap pelaku tindak pidana Pencurian dengan Kekerasan (Curas) pada tanggal 18 Februari 2020 lalu, pihak Kepolisian Resort (Polres) Siak Provinsi Riau langsung menggelar konfrensi pers, Selasa (25/02/2020) siang.

Pada konfrensi pers tersebut, Kapolres Siak AKBP Doddy Sanjaya SH, mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat agar selalu waspada saat menaruh barang-barang berharga di dalam kendaraan.

“Saya mengimbau kepada seluruh warga masyarakat terutama untuk warga Kabupaten Siak, agar lebih berhati–hati saat menaruh barang barang berharga di dalam kendaraan, dikarenakan sekarang sudah begitu banyak modus kejahatan yang tengah mengintai,” pesan Kapolres.

Di samping itu, Kapolres juga mengingatkan agar jangan meninggalkan barang berharga di dalam kendaraan, karena hal tersebut dapat menjadi salahsatu incaran bagi para pelaku kejahatan

Dua pelaku Curas dengan modus pecah kaca yang ditangkap oleh Satreskrim Polres Siak itu, dilumpuhkan dengan timah panas pada tanggal 18 Februari 2020 lalu, di wilayah Kecamatan Kayu Agung Kabupaten OKI Provinsi Sumatera Selatan.

Baca Juga:  Ada Genangan Air di TKP Laka Maut, Polisi Surati Dinas PU-Tarukim Siak

Sesuai data Polres Siak, Dua tersangka yakni berinisial MR (26) dan IS (30) , yang kini telah diamankan oleh Satreskrim Polres Siak, tercatat sudah tiga kali beraksi selama tahun 2020 yakni di Kabupaten Kampar, Siak, dan Indragiri Hilir.

Kedua pelaku Curas dilaporkan oleh salah satu korban MA (36) salah seorang staf CV.Artha Jaya  yang saat itu menurut pengakuan tersangka sudah diikuti sewaktu korban mengambil uang di Bank BRI Pangkalan kerinci pada Rabu, 05 Februari 2020 yang lalu, yang kemudian korban keluar dari Bank dan singgah di kantor Kepala Desa Kerinci Kanan guna mengikuti kegiatan rapat laporan pertanggung jawaban Bumkam 2019, sekitar kurang lebih 30 menit berada di dalam kantor desa, Kemudian sekitar pukul 11.41 Wib pelapor menuju mobil dengan tujuan menuju kantor CV. Artha Jaya,

Baca Juga:  Cegah Supir Ugal ugalan, Satlantas Polres Siak Kawal Bus Hingga Perbatasan

Pada saat itu pelapor telah menemukan kaca mobilnya yang sudah pecah dan uang tunai sebesar Rp.65.000.000, – (enam puluh lima juta rupiah ) yang ditaruh di dalam mobil sudah tidak ada alias lesap digondol para pelaku.

Sementara itu , berdasarkan hasil introgasi pelaku ada melakukan tindak pindana pencurian dengan pemberatan dengan cara pecah kaca sudah 3 (tiga) kali beraksi yakni di Bangkinang Kabupaten Kampar, pencurian dilakukan dengan modus pecah kaca mobil Honda brio warna silver dengan menggunakan obeng, dan memecahkan kaca mobil, hasil dari pencurian adalah 1 (satu) unit hp merek Samsung A8+.

Kemudian di Kecamatan Kerinci Kanan Kabupaten Siak, pencurian dilakukan dengan modus memecah kaca mobil Toyota Avanza warna putih dengan menggunakan pecahan busi dan memecahkan kaca mobil. Hasil dari pencurian tersebut adalah uang Rp.65.000.000.

Baca Juga:  Dewan di Rohil Apresiasi Keberadaan tim Saber Pungli

Sementara untuk ketiga kalinya Pencurian dilakukan dengan modus pecah kaca mobil Pajero warna hitam kecokklatan dengan menggunakan obeng dan memecahkan kaca mobil.Hasil dari pencurian tersebut adalah Rp.195.000.000.

Adapun barang bukti yang berhasil di amankan yakni , 1 (satu) unit mobil xenia warna putih BM 1249 SS,  Pecahan kaca pintu mobil sebelah kiri, Pecahan keramik busi,  2 (dua) buah helm milik pelaku, 1 (satu) buah jaket warna biru dongker, 1 (satu) buah tas warna hitam merek weixeir, 1(satu) buah tas warna coklat merek arrow, 1 (satu) unit sepeda motor CB 150 R warna putih, uang sejumlah Rp.18.000.000,- (delalan belas juta rupiah) sisa hasil kejahatan.

Atas kejadian tersebut tersangka dijerat dengan Pasal 363 ayat (1) ke 5 KUHP, dengan acaman penjara 7 Tahun Penjara.

Laporan: Miswanto/Tok
Editor: Afrijon

tour_de'