Beranda Siak Dapat Bantuan dari Baznas Siak, Warga Dayun Penuhi Masjid Baiturohman

Dapat Bantuan dari Baznas Siak, Warga Dayun Penuhi Masjid Baiturohman

5
kpu'
Print Friendly, PDF & Email

DAYUN (Infosiak.com) – Warga tampak memenuhi rumah ibadah Masjid Baiturohman Kampung Pangkalan Makmur Kecamatan Dayun, Senin (16/11/2020).

Wajah-wajah mereka tampak ceria meski di masa pandemi virus Corona yang belum jelas kapan berakhirnya.

“Tentu saja kami senang karena dapat bantuan dari Baznas” kata Yosa asal Teluk Merbau ini.

Pria yang bekerja sebagai buruh tani tersebut merasa bersyukur dan terbantu setelah menerima bantuan beras, uang dan lain-lain dari Baznas Kabupaten Siak. Ia mendoakan dan mengucapkan terima kasih untuk para Muzakki dan Baznas yang telah membantu orang-orang kurang mampu seperti dirinya.

Sementara Pjs Bupati Siak Indra Agus Lukman usai menyerahkan bantuan tersebut menyampaikan bahwa pemerintah adalah pelayan masyarakat.

“Kami sebagai aparatur pemerintah adalah abdi dari masyarakat, mulai dari pemerintah kabupaten hingga ke tingkat kampung” jelas Indra.

Kata dia, pemerintah akan selalu hadir ditengah-tengah masyarakat. Namun demikian pemerintah punya keterbatasan waktu dan keterbatasan anggaran.

Baca Juga:  Tengah Mabok, Pemuda Tewas Setelah Cium Aspal

Oeh karena itu lanjutnya, pemerintah sangat mendukung adanya Badan Amil Zakat ini. Dengan adanya Baznas ini masyarakat langsung bisa di bantu melalui program-program yang sudah dirancang dengan baik.

Lebih lanjut ia menuturkan, bagi kampung yang lebih banyak membayarkan zakatnya, tentu akan lebih besar pula jumlah yang dikucurkan ke kampung tersebut.

“Nah, makanya saya mengajak masyarakat berlomba-lomba untuk membayar zakat. Sebab zakat ini berguna untuk membersihkan harta kita. Bila kita sudah mengeluarkan zakat, maka Allah akan mempercayakan harta lain kepada kita kembali” ucapnya.

Ditempat yang sama, Ketua Baznas Siak M Rasyid Suharto menambahkan, jumlah dana zakat konsumtif yang disalurkan sebesar Rp 167.730.000.

Sebenarnya untuk kecamatan Dayun ini lanjut Rasyid, sebesar 234 juta rupiah yang dibagi dengan pola produktif dan konsumtif. Dana tersebut dibagi 30 persen untuk konsumtif dan 80 persen untuk produktif.

Baca Juga:  Pemkab Siak Gelontorkan Rp44,7 M untuk Penanganan Corona, "Ayo Kawal"

Namun karena kondisi covid pihak Baznas mengucurkan bantuan lebih banyak dengan pola konsumtif.

“Biasanya dana zakat ini kami bagikan kemasyarakat 30% untuk konsumtif dan 70% pola produktif, tapi karena covid jadi lebih banyak yg konsumtif” ujarnya.

Ia menjelaskan, bantuan yang diberikan dengan rincian beras 10 kg, uang tunai 300 ribu rupiah, produk dari Mustahiq yang produktif berupa lele siap goreng (lesgo) 1 kg dan ayam kampung setengah kilo.

Selain itu ada voucher belanja sebesar 200 ribu rupiah di warung yang sudah ditunjuk oleh Upz kecamatan. Jadi totalnya sebesar Rp 650.000.

“Voucher ini adalah program belanja diwarung tetangga” sebut Rasyid.

Rasyid menuturkan, Beras yang di beli dari para petani di Kabupaten Siak selama 1 tahun sebanyak 250 ton adalah untuk melayani dua program Baznas. Seperti, program pendistribusian, setiap Mustahiq menerima bantuan beras sebanyak 10 kg.

Baca Juga:  Ini No Urut Pasangan Calon Bupati di Pilkada Siak

Dan program yang kedua adalah untuk mengisi atm beras yang ada di Masjid-masjid kecamatan.

Dalam kurun 1 tahun ini pihak Baznas telah membangun rumah layak huni sebanyak 17 unit. Kemudian ditambah dengan rumah yang dibangun kelanjutan dari program tahun 2019.

“Jadi insya Allah tahun ini Baznas akan bangun 27 rumah layak huni” terangnya.

Sementara untuk bantuan listrik telah dipasang sebanyak 200 KK, dan akan di pasang lagi sebanyak 180 KK.

Kemudian lanjutnya, baznas Kabupaten ada program pemasangan listrik di Teluk Lanus, yang berjumlah 130 KK.

“Alhamdulillah untuk Teluk Lanus dapat subsidi dari PLN, yang tadinya 900 ribu kita cuma membayar 450 ribu, yang akan diselesaikan pada bulan Desember,” imbuhnya.

Sumber : Rilis
Editor : Afrijon

tour_de'