Beranda Siak Bawaslu Serukan ASN dan Honorer Harus Netralitas

Bawaslu Serukan ASN dan Honorer Harus Netralitas

24
kpu'
Print Friendly, PDF & Email

SIAK (Infosiak.com) – Bawaslu Kabupaten Siak menyerukan kepada seluruh ASN dan honorer tidak terlibat dalam politik praktis, kontestasi Pilkada merupakan ajang demokrasi, namun pegawai serta honorer tidak boleh terlibat dalam mensukseskan salah satu pasangan calon.

“Kami sudah sering menyampaikan, ASN dan Honorer dilarang terlibat mengkampanyekan salah satu pasangan calon,” tegas Moh. Royani.

Baca Juga:  Program PLUT-UMKM Siak Diseleksi Pusat

Baik itu ASN yang menjabat sebagai Kepala Dinas, Kaban, Camat, beserta seluruh jajarannya termasuk tenaga honorer harus bersikap netral. Tidak hanya itu, Kepala Desa beserta jajarannya juga tidak boleh ikut mengkampanyekan salah satu pasangan calon.

kpu'

“Netralitas ASN diatur pada PP No 42 tahun 2004, sementara untuk tenaga Honorer ditegaskan melalui SE Pjs Bupati Siak No 100 menindaklanjuti SE Gubernur Riau,” jelas Royani.

Baca Juga:  Alfedri Imbau, ASN dan OPD Segera Selesaikan Kewajiban Pajak

Royani meminta masyarakat untuk terlibat dalam pengawasan, jika melihat ada pelanggaran yang dilakukan oleh ASN agar segera melaporkan ke Bawaslu Siak atau PPK tiap Kecamatan.

“Apabila dugaan pelanggaran yang dilaporkan masyarakat memenuhi unsur formil dan materil. Laporan akan ditindaklanjuti, Bawaslu akan mengambil sikap tegas. Dan jika laporan yang disampaikan tidak memenuhi unsur, maka laporan yang masuk menjadi informasi awal bagi Bawaslu Siak guna melakukan pendalaman,” tegas Royani.

Baca Juga:  Ada Penambahan Kasus Covid-19 di Siak, Totol Pasien Positif Capai 60 Orang

Laporan : Salam
Editor : Afrijon

kpu' kpu'
tour_de'