Beranda HEADLINE 58 Nyawa Melayang di Jalan Selama 2016

58 Nyawa Melayang di Jalan Selama 2016

116
Print Friendly, PDF & Email

RENGAT (Publiknews)-Sebanyak 58 nyawa pengguna kendaraan melayang di jalanan Indragiri Hulu akibat kecelakaan lalu lintas selama tahun 2016. Selain itu juga 182 orang mengalami luka berat dan 174 alami luka ringan dengan kerugian materil mencapai Rp1,825 milyar.

Dikatakan Kapolres Inhu AKBP Abas Basuni didampingi Kasat Lantas Inhu AKP Ricky M Manday, rata-rata kondisi jalan saat ini dalam keadaan baik, namun masih ada kekurangan dalam segi rambu-rambu lalu lintas.”Tidak itu saja, ketidakpatuhan akan aturan dalam berkendara dan juga human eror, menjadi penyebab utama terjadinya laka lantas di Inhu, ungkap Kapolres.

Baca Juga:  Bulan Ramadhan ‘Habis’ Senin Sore 3 Juni, Lalu Kenapa Lebaran 5 Juni?

Dikatakannya, prilaku seseorang dalam berkendara, pemahaman akan aturan menjadikan resiko tinggi pengendara mengalami kecelakaan, bahkan berakibat fatal hingga kematian.”Kita tidak bisa mencegah orang untuk membeli kendaraan, hanya bisa memberikan pemahaman melalui sosialisasi dan upaya lainnya dalam mencegah terjadinya Laka Lantas, jelasnya.

Baca Juga:  Forum TUK Indonesia Tampung Aspirasi Petani Sawit Siak I

Diungkapkannya juga, meskipun kondisi jalan dalam keadaan baik, namun untuk jalan Rigid akan sedikit beresiko, terutama pada saat berada di tikungan, karena untuk jalan rigid akan membuat cengkraman ban ke jalan kurang baik, sehingga pengendara harus lebih berhati-hati.

Kapolres meminta kepada jajaran Sat Lantas, untuk mengantisipasi Laka Lantas kedepannya agar mengoptimalkan kegiatan sosialisasi dan pendidikan masyarakat kepada peajar dan masyarakat. Memberikan informasi terhadap daerah rawan Laka dan himbauan melalui spanduk serta meningkatkan patroli pada daerah rawan laka dan rawan macet.

Baca Juga:  Polres Siak Ringkus Komplotan Pencuri Mobil di Perawang

Kapolres berharap, agar Himbauan dan sosialisasi dapat menjadikan masyarakat sebagai pelopor keselamatan berlalulintas, karena Polisi melalui Sat Lantas tidak akan mampu mengatasinya secara sendiri.(put)

loading...